Filosofi: Monkey D. Luffy adalah Seorang Muslim

Urie
1

Siapa yang tidak tahu dengan karakter yang satu ini Monkey D. Luffy, tokoh utama dalam serial manga dan anime populer "One Piece" karya Eiichiro Oda, telah menjadi ikonik dalam dunia fiksi. Meskipun tidak ada indikasi resmi dari pengarang mengenai agama atau kepercayaan karakter-karakter dalam cerita ini, tapi nilai-nilai yang di tonjolkan oleh karakter One Piece baik dalam manga ataupun anime bisa kita ambil dan pelajari bahwa nilai-nilai tersebut terkadang sama dengan nilai-nilai dari ajaran agama tertentu, tentunya hal ini dengan Agama Islam yang alhamdulillah sudah Urie peluk dari lahir, dan tulisan ini murni hanya sebuah opini dan gagas pribadi Urie.

Salah satu aspek yang menjadi dasar pandangan ini adalah nilai-nilai yang Luffy perlihatkan di sepanjang perjalanannya. Misalnya ajaran Islam mengajarkan tentang kejujuran, keberanian, dan kasih sayang terhadap semua makhluk, yang juga menjadi prinsip-prinsip yang dipegang teguh oleh Luffy dalam menjalani petualangannya. Selain itu, semangatnya yang tak kenal lelah dalam mengejar impian dan tujuannya, membebaskan dan memerdekakan seseorang atau kelompok mengingatkan Urie pada nilai-nilai yang diajarkan dalam agama Islam. Terutama ketika masa-masa awal Rasulullah Sholallahualaihi wa sallam diutus ke muka bumi sebagai pembawa rahmatalila'lamin. — Uriepedia

Untuk itu selamat membaca, semoga tulisan ini bermanfaat.

Mohon maaf sebelumnya 🙏tulisan ini belum selesai dan insyaallah akan terus Urie update sepanjang perjalanan serial manga atau anime One Piece terus berjalan. Happy Reading 😉

Uriepedia - Monkey D. Luffy adalah Seorang Muslim

Siapa itu Monkey D. luffy

Monkey D Luffy atau yang lebih dikenal dengan julukan topi jerami merupakan Kapten sekaligus pendiri dari bajak laut topi jerami mereka adalah sekelompok bajak laut yang beranggotakan 10 orang yang sebagian besarnya adalah petarung-petarung kuat di dalamnya. Keinginan Luffy untuk menjadi bajak laut dan membentuk kelompok ini tidak lepas dari cita-citanya untuk menemukan harta karun legendaris dan menjadi raja bajak laut seperti Gol D Roger, ketika Luffy masih kecil dan pertama kali melihat kru bajak laut Akagami Shanks saat itu juga dirinya memiliki cita-cita dan keinginan yang kuat untuk menjadi seorang bajak laut karena itu Luffy sering meminta dan memaksa Shanks untuk dibawa naik ke kapal supaya bisa ikut berpetualang bersama dengan krunya.

Dari tindakannya ini kita bisa melihat bahwa sejak kecil Luffy memiliki ambisi dan tekad yang kuat untuk menggapai impiannya, dia tidak akan menyerah sampai cita-cita dan keinginannya tercapai, bahkan rela melakukan apapun untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang bajak laut. Lalu alasan utama Mengapa Luffy sangat ingin menjadi raja bajak laut bukanlah karena ingin menguasai dunia atau mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, dia bukanlah tipikal orang yang ambisius dan rakus semacam itu, namun Luffy justru menganggap bahwa ketika ia bisa menjadi raja bajak laut maka ia akan menjadi orang yang memiliki kebebasan terbesar di dunia.

Selain itu tekad kuat dan tujuan hidup yang dimilikinya ini tidak hanya ditujukan pada dirinya sendiri tetapi dia seringkali menolong orang lain termasuk anggota krunya. Misalnya saat ia menghentikan Nami yang sedang menyakiti dirinya sendiri menggunakan pisau karena menyerah dan kecewa terhadap Arlong, dalam keadaan seperti itu Luffy datang untuk menolong Nami, lalu tanpa berpikir dua kali dia datang ke markas Arlong dan berhasil mengalahkannya, meskipun dengan susah payah. Karena itu kita bisa sedikit menyimpulkan bahwa Luffy adalah pribadi yang memiliki tekad kuat, mencintai kebebasan dan sangat peduli terhadap teman-temannya. 

Mungkin itu adalah sedikit gambaran dari karakter Luffy yang selama ini kita kenal, namun ternyata kepribadian Luffy tidak sesederhana seperti yang kita lihat. Masih Ada banyak hal yang bisa kita ambil dari karakter ini karena itu pada tulisan kali ini kita akan melihat lebih dalam mengenai kepribadian Luffy melihat Bagaimana perjalanan hidup dan perjuangan yang dilakukan di sepanjang serial One Piece.

Perjalanan Hidup Luffy

Perjalanan hidup Luffy dimulai di desa fusha yang terletak di East Blue tempat di mana ia dilahirkan lalu saat menginjak usia 7 tahun Luffy bertemu dan berteman dengan Kru bajak laut yang dipimpin oleh Shanks si rambut merah saat itulah Luffy mulai tertarik dan bertekad untuk menjadi bajak laut setelah berinteraksi dengan Shanks dan krunya.

Dia bahkan pernah menusuk bagian bawah mata kirinya untuk membuktikan kepada shanks bahwa dia pantas untuk bergabung dengan kurung mereka namun sayangnya sangs menolak permintaan Luffy dengan alasan bahwa ia masih terlalu muda untuk bergabung dengan krunya.

Suatu waktu Luffy dan kru Shanks datang ke sebuah bar tempat di mana mereka biasanya berada, di sana terdapat sekelompok bandit yang dapat memicu keributan kepada shanks dan krunya bahkan bandit-bandit itu sampai melakukan penghinaan yang cukup parah kepada Shanks akan tetapi di sana Shanks hanya diam dan tidak berbuat apa-apa dengan perlakuan mereka.

Melihat hal itu Luffy kecewa terhadap tindakan Shanks yang tidak mampu berbuat apa-apa Padahal selama ini Shanks adalah orang yang sangat Luffy Kagumi dan ia anggap sebagai sosok yang kuat, karena itu Luffy marah kepada sangs hingga akhirnya secara tidak sengaja ia memakan buah iblis gomu-gonu no mi yang membuat tubuhnya memiliki karakteristik seperti karet. Kemudian Luffy yang masih kesal terhadap para Bandit itu mendatangi mereka dengan tujuan untuk melampiaskan rasa kesalnya, namun Luffy yang masih kecil sangat mudah dikalahkan dan malah dijadikan sandera oleh mereka sampai pada akhirnya kelompok Bandit itu dikalahkan oleh Bajak Laut Merah, akan tetapi Higuma yang menjadi pemimpin kelompok bandit itu berhasil melarikan diri ke laut sambil menyandera Luffy, setelah melarikan diri Higuma melemparkan Luffy ke laut dengan tujuan agar Luffy diserang oleh raja laut beruntung sangs berhasil menyelamatkan Luffy meskipun harus membayarnya dengan harga yang mahal saat dia kehilangan lengan kirinya karena dimakan oleh raja laut.

Setelah kejadian itu Shanks harus pergi berlayar bersama krunya namun sebelum pergi ia dan Luffy berjanji satu sama lain bahwa suatu hari nanti Luffy pasti akan melampaui Shanks dan menjadi raja bajak laut, keinginan buat Luffy untuk menjadi raja bajak laut membuat Shanks terkesan sampai akhirnya ia kemudian memberikan Luffy sebuah topi jerami, topi jerami ini adalah hadiah perpisahan dan sebagai tanda perjanjian bahwa Luffy harus mengembalikan topi itu saat dia melampaui dirinya.

Jadi, alasan mengapa Luffy semakin meneguhkan tekadnya untuk menjadi raja bajak laut karena dia telah melihat Shanks secara langsung rela mengorbankan tangan kirinya demi menyelamatkannya kemudian alasan Yang kedua yaitu karena Luffy dititipkan topi jerami yang berharga milik Shanks sebagai simbol perjanjian dan kepercayaan hingga saat ini Luffy mendapatkan tantangan dan Arah tujuannya semakin jelas dalam hidupnya yaitu untuk menjadi raja bajak laut dan melampaui Shanks

Dalam perjalanan hidupnya Luffy memiliki dua saudara angkat yang sekaligus menjadi kakak angkatnya kedua orang itu adalah Portgas D Ace dan Sabo. Pertemuan pertama Luffy dengan Ace terjadi saat kakeknya yaitu Monkey D Garp menitipkan Luffy kepada seorang bandit gunung bernama Dadan suatu hari Luffy mengikuti Ace yang akan pergi keluar karena dia ingin memulai persahabatan dengan Ace, Lalu setelah 3 bulan lamanya ia terus-menerus mencoba mengikuti Ace sampai akhirnya ia menemukan Gray Terminal.

Di sana Luffy mendengar percakapan Ace dan Sabo tentang membeli kapal bajak laut, mendengar hal itu Luffy lalu muncul di depan mereka dan berkata bahwa dia juga ingin menjadi bajak laut, Ace dan Sabo yang terkejut setelah tahu percakapan mereka didengarkan oleh Luffy akhirnya memutuskan untuk mengikat Luffy ke pohon. Mereka berdua bahkan berencana mengambil tindakan ekstrem dengan berniat untuk membunuh Luffy demi menjaga rahasia mereka, sementara itu tentu saja Luffy panik dan menangis ketakutan sebagaimana seorang anak-anak.

Ace dan Sabo saat itu kebingungan untuk menentukan siapa yang harus membunuh Luffy karena mereka tidak pernah membunuh siapapun sebelumnya, tapi walaupun Ace dan sabo berniat ingin membunuhnya Luffy tetap menganggap bahwa Ace adalah temannya dan tetap setia kepadanya bahkan ketika Luffy disiksa oleh bajak laut Bluejam dirinya tetap tidak ingin menghianati Ace yang dianggap sebagai temannya, karena alasan itulah Luffy sebelumnya mengikuti Ace dan mendekati Sabo hanya karena ia ingin memiliki teman. Luffy memberitahu bahwa dia tidak memiliki orang tua yang dapat merawatnya karena itu hal yang paling penting menurut Luffy adalah bahwa dia tidak ingin sendirian dari kejadian itu akhirnya Ace dan Sabo mulai mempercayai Luffy dan kemudian tiga orang itu resmi menjadi teman.

Ternyata ikatan yang mereka buat bukan hanya sekedar teman biasa namun mereka melakukan sumpah persaudaraan dan melakukan ritual kecil dengan berbagi sake satu sama lain yang akhirnya membuat ikatan mereka menjadi lebih dalam - yaitu menjadi saudara.

Awal Mula Petualangan Luffy

Awal petualangan Luffy dimulai ketiga ia berusia 17 tahun yang saat itu ia sudah berhasil menguasai kemampuan dasar dari kekuatan buah iblis miliknya, sebelum pergi untuk memulai petualangannya ia berterima kasih kepada Dadan dan para Bandit Gunung lain yang telah merawatnya, setelah itu Luffy meninggalkan desa dan menaiki perahu kecil dan membawa sebuah tong bersamanya. Di awal perjalanannya ia telah bertekad untuk membuat bendera bajak lautnya sendiri dan akan mengumpulkan 10 anggota kru karena itu dengan semangatnya yang membara Luffy kemudian berteriak dan berkata bahwa dia akan menjadi raja bajak laut. Akhirnya pertemuan Luffy dengan kru pertamanya dimulai ketika ia dengan sengaja berada di dalam sebuah tong yang kemudian ditemukan oleh sekelompok bajak laut.

Lalu saat Luffy keluar dari tong tersebut disitulah Luffy pertama kali bertemu dengan Koby seorang budak kapal yang akhirnya dibebaskan oleh Luffy setelah mengalahkan pemimpin bajak laut di kapal tersebut. Setelah itu Koby menemani perjalanan Luffy untuk berlayar ke pulau berikutnya sehingga Koby dapat mendaftar di Marinir, sesampainya di sana Luffy memutuskan untuk mencari pemburu bajak laut terkenal bernama Roronoa zoro yang sedang dipenjara setelah tiba di kota sales, Luffy dan Koby mengetahui kebenaran tentang Zoro melalui seorang gadis kecil bernama Rika yang mengatakan bahwa Zoro sebenarnya dipenjara karena telah menyelamatkan Rika dan ibunya dari Helmeppo.

Setelah mengetahui alasan tersebut Luffy memutuskan untuk membebaskan Zoro dan ia berjanji akan mengembalikan pedangnya yang sedang disita oleh angkatan laut asalkan Zoro bergabung untuk menjadi anggota krunya, karena itu akhirnya Zoro pun menyetujui tawaran Luffy dan dengan resmi menjadi kru pertama Bajak Laut Topi Jerami. Setelah itu mereka berdua Luffy dan Zoro melanjutkan perjalanan sampai mereka tiba di kota Orange di sana mereka bertemu dengan Nami sang navigator handal, saat mencoba merekrutnua awalnya Nami menolak tawaran Luffy bahkan Nami justru menangkap dan mengikatnya untuk dibawa ke hadapan Buggy The Clown, untungnya itu bukan merupakan nasib akhir Luffy sebab Ia memutuskan berperang melawan Buggy dan krunya sampai akhirnya Luffy memenangkan pertempuran tersebut, kini Luffy bersama navigator baru pergi membayar ke pulau berikutnya untuk mencari anggota kru baru.

Ketika sampai di kota Syrup Luffy bertemu dengan seseorang bernama Usopp, di desa ini Luffy Zoro Nami dan Usop berusaha mempertahankan desa dari tipu daya licik Kapten Kuro yang telah merencanakan hal licik terhadap seorang gadis cantik bernama Kaya. Setelah kejadian itu Luffy dan kurunya mendapatkan sebuah kapal sebagai imbalan karena telah membantu Kaya, kapal ini lebih kita kenal dengan nama Going Merry. Luffy dan kurunya yang melihat usopp menuruni Bukit dengan membawa sebuah ransel besar mengajaknya untuk menjadi anggota kru bajak laut topi jerami kemudian di saat itu juga Usup yang telah menjadi rekan baru Luffy ikut berlayar dan berpetualang bersama dengan anggota kru lainnya.

Suatu ketika Luffy dan usopp mulai berlatih menembakkan meriam yang ada di kapal mereka namun sialnya tembakan Luffy malah salah sasaran dan mengenai suatu pulau terlebih lagi di Pulau itu ada Jhonny yang sedang merawat temannya Yosaku karena jatuh sakit karena itu Juni datang ke kapal Going Merry untuk meminta pertanggungjawaban setelah menjelaskan perkara yang terjadi akhirnya Luffy meminta maaf dan berusaha mengobati yosaku semampu mereka, namun berbagai upaya yang mereka lakukan tidak bisa menyembuhkannya sampai akhirnya Luffy menyadari bahwa kru mereka membutuhkan seorang koki, mendengar hal itu Jhonny memberitahu Luffy dimana mereka bisa mendapatkan koki di sebuah restoran mengapung yang bernama Baratie, dimana restoran ini menjadi tempat Luffy untuk mendapatkan kru sekaligus koki yang sedang ia cari yaitu Sanji.

Tapi mengajak Sanji bukanlah perkara yang mudah Luffy sudah mencoba beberapa kali untuk meyakinkan Sanji bergabung dengan krunya hingga tiba di mana Sanji berbicara tentang impiannya untuk menemukan All Blue dan melihat secara langsung perjuangan yang dilakukan Luffy saat bertarung melawan Dodgers di saat itulah Sanji merasa kagum dengan apa yang dilakukan Luffy.

Selain itu kepala restoran yang bernama zef juga meyakinkan Sanji bahwa Luffy adalah anak yang mampu mengubah pemikirannya karena itu akhirnya Sanji menerima ajakan Luffy dan resmi menjadi kru topi jerami.

Itulah beberapa contoh perekrutan anggota kru topi jerami yang dilakukan oleh Luffy, namun jika dilihat secara umum ajakan Luffy seringkali ditolak terlebih dahulu sebelum akhirnya mereka bergabung ke dalam kru, tetapi Luffy tidak pernah memaksa kehendak seseorang untuk bergabung dengan krunya. Luffy selalu berharap bahwa jika seseorang bergabung dengan krunya maka keputusan tersebut atas dasar keinginan dia sendiri bukan paksaan orang lain termasuk dirinya, seperti saat ia mengajak Sanji meskipun sempat menerima penolakan, Sanji pada akhirnya memutuskan untuk bergabung. Kemudian contoh lain bisa terlihat saat ia mencoba untuk mengajak Franky di sana Luffy tidak menggunakan cara kekerasan atau paksaan tetapi memakai cara yang sedikit aneh namun efektif yaitu dengan mengambil celana dalam milik Franky Sampai akhirnya dia secara sukarela bergabung dengan kru topi jerami setelah diberikan nasehat oleh Iceburg.

Sikap Luffy yang bersingguku untuk mengajak Franky tentu tidak lepas dari kemampuan yang dimiliki Franky dalam hal merawat memperbaiki dan memodifikasi kapal. Pada momen ini kita bisa melihat bahwa Luffy tidak selalu menjadi orang yang konyol dan polos, ia juga bisa menjadi pribadi yang penuh perhitungan serta menyadari bahwa kapalnya memerlukan teknisi kapal yang hebat.

Meski beberapa anggota kru yang direkrut oleh Luffy awalnya menolak ajakannya, namun kita juga bisa melihat bahwa ada seseorang yang menerima ajakan dari Luffy tanpa adanya penolakan terlebih dahulu contohnya saat Luffy merekrut Brook, di sana kita bisa melihat sisi unik dari kepribadian Luffy karena mengajak seseorang untuk bergabung dalam kru dengan alasan karena bentuknya yang unik. Kejadian serupa juga terjadi ketika Luffy merekrut Chopper untuk bergabung karena Luffy sadar bahwa krunya membutuhkan dokter namun ajakan Chopper bukan atas dasar alasan itu tetapi karena Chopper merupakan rusa kutub yang unik dan keren dengan kemampuan tujuh jenis perubahannya. Tak hanya itu Luffy juga pernah mengajak seorang pria dalam peti harta karun bernama Gaimon padahal Jika dilihat dari fungsinya Gaimon tidak akan berdampak apa-apa terhadap kru, tapi karena keunikan fisiknya Luffy malah menawarinya bergabung dengan kru.

Tampaknya yang dilakukan Luffy tidak lepas dari pikiran polosnya pikiran sederhana yang dimilikinya tidak terlalu mempertimbangkan banyak hal, namun itulah yang menjadi keunikan dari karakter Luffy, hustru yang dilakukan adalah untuk mempersatukan berbagai keberagaman itu sehingga membuat krunya menjadi berwarna. Berbeda dari peristiwa sebelumnya ternyata Nico Robin bergabung tanpa diminta ataupun diajak oleh Luffy bahkan Awalnya mereka berada di kubu yang berlawanan semua dimulai saat pimpinan Robin yang bernama crocodile dikalahkan oleh Luffy saat itu dirinya ditolong oleh Luffy agar tidak tertimpa oleh reruntuhan sisa pertarungan mereka karena itu Robin yang sudah tidak mempunyai tempat untuk pergi ataupun kembali akhirnya meminta Luffy untuk bergabung ke dalam kru namun dengan sikap yang polos dan tanpa mencurigai Robin Luffy pun setuju dengan permintaan Robin.

Anggota kru terakhir yang bergabung dengan bajak laut topi jerami adalah Jinbe pada awalnya Jinbe ingin bergabung setelah ditawari oleh Luffy tapi dia menyatakan bahwa masih memiliki urusan yang belum selesai untuk dilakukan yaitu meninggalkan aliansinya dengan bajak laut Big Mom. Lalu setelah urusan itu selesai dia dengan senang hati resmi bergabung dengan kru topi jerami.

Kepribadian Luffy

Pada dasarnya kebebasan adalah sifat dasar yang dimiliki oleh manusia, menjadi manusia berarti dapat membuat pilihan berdasarkan keinginannya sendiri memutuskan apa yang baik dan apa yang jahat menurut akal pikirannya sendiri, manusia memiliki kebebasan sebab Ia adalah makhluk yang bisa sadar akan keberadaannya sendiri Inilah yang disebut dengan freewill atau kehendak bebas. Berbeda dengan hewan tumbuhan atau benda-benda di dunia yang tidak dapat memiliki kebebasan seperti yang dilakukan oleh manusia.

Mereka tidak dapat membuat keputusan untuk diri mereka sendiri dan tidak sadar akan keberadaan dirinya sendiri, tetapi manusia selalu dapat membuat keputusan itu untuk dirinya sendiri meskipun itu juga merupakan pilihan diri untuk menggunakan kebebasan itu dalam hidup atau tidak. Melalui kebebasan yang dimilikinya manusia merupakan otoritas bagi dirinya sendiri tujuan, makna dan bahkan esensi kita bisa ditentukan oleh hanya diri kita sendiri. Manusia memang tidak bisa lepas dari pengaruh sosial budaya agama sejarah politik dan lain sebagainya, namun manusia tetap memiliki kebebasan untuk mengolah dan menentukan sejauh mana hal-hal itu berpengaruh kepada kehidupan mereka.

Itulah arti dari kebebasan pemikiran yang selalu mendorong tindakan Luffy jika seseorang ingin menjadi raja bajak laut pada umumnya ia akan memanfaatkan itu untuk mengumpulkan harta berfoya-foya rakus akan kekuasaan dan sejenisnya, tetapi berbeda dengan Luffy ia ingin menjadi raja bajak laut karena menurutnya raja bajak laut adalah orang yang paling bebas di dunia.

Luffy adalah orang yang sangat mencintai kebebasan karena itu tindakan kepolosan dan kecerobohannya selama ini ia lakukan didasarkan pada sebuah kebebasan. Luffy tidak mau terikat dengan mempertimbangkan banyak hal, dengan kata lain jika itu tidak terlalu penting dia tidak ingin terikat oleh pikirannya sendiri dia ingin berbuat sesuka hatinya, sesuai kehendaknya.

Luffy benar-benar memanfaatkan kebebasan yang ia miliki untuk membuat dirinya menjadi otoritas bagi dirinya sendiri seperti saat di Pulau Sabaodi di sana Luffy bertemu dengan Reyligh yang merupakan mantan Wakil Kapten bajak laut Roger, karena Roger sudah mendapatkan harta karun One Piece dapat dipastikan Reyligh juga mengetahui letak di mana One Piece berada namun ketiga Reyligh ingin menjelaskan Di mana keberadaan One Piece tersebut, Luffy seketika marah dan menjelaskan bahwa dia tidak ingin mengetahuinya dia ingin mendapatkan One Piece dengan jalan yang dia pilih.

Dari peristiwa ini kita bisa lihat bahwa Luffy memang ingin mewujudkan apa yang inginkan melalui dirinya sendiri, melalui otoritas dirinya sendiri Luffy menolak menjadi penguasa atau Bos siapapun karena dia ingin bebas untuk melakukan apapun yang dia inginkannya. Orang lain pun harus memiliki kebebasan seperti dirinya Oleh karena itu dia tidak ingin menjadi orang yang memerintah orang lain pada saat pembentukan Armada besar topi jerami dia menolak untuk menjadi pemimpin Armada tersebut dia justru menginginkan faksi yang setara dan saling membantu kapanpun mereka membutuhkan satu sama lai.

Lebih jauhnya Luffy selalu membagikan kebebasan yang ia punya hal itu terlihat saat ia membebaskan kerajaan ataupun negara yang berada di bawah kepemimpinan otoriter tertentu, misalnya saat ia mengalahkan arlong dan membebaskan kampung halaman Nami mengalahkan crocodile di Alabasta, mengalahkan Doflamingo dan masih banyak lagi pada akhirnya kebebasan yang diperjuangkan Luffy adalah kebebasan sejati karena kebebasannya tidak mengorbankan orang lain, dan malah memberikan kebebasan pada orang lain yang sedang mengalami pengekangan.

Sebagai seorang bajak laut Luffy sangat haus akan petualangan, hal itu konsisten dengan alasannya untuk menjadi raja bajak laut dan menjadi orang paling bebas di dunia. Menurutnya orang dengan kebebasan terbesar di dunia memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan ke mana saja di lautan, karena sifat petualang inilah Luffy cenderung untuk tidak mengambil jalan keluar yang mudah seperti ketika dia menghancurkan Eternal Pose yang diberikan oleh Robin dengan alasan bahwa dia tidak ingin musuh menentukan tujuannya.

Ketika Usopp berpendapat bahwa mereka mungkin bisa untuk mencapai laughtale tanpa melawan empat Kaisar sama sekali, mendengar pendapat tersebut Luffy menunjukkan Ekspresi kekecewaan yang ekstrem dikarenakan ia selalu mengunjungi berbagai pulau dan lokasi yang membuat kagum pada pemandangannya yang lebih luar biasa. Dia sama sekali tidak berniat bersih keras mencari di mana sebenarnya One Piece berada sampai dia menemukannya sendiri bahkan dengan tegas ia langsung menyatakan akan berhenti menjadi bajak laut jika krunya mencoba mencari tahu langsung dari Reyligh.

Luffy tidak mau petualangannya menjadi petualangan yang membosankan karena sudah mengetahui One Piece terlebih dahulu.

Kemudian salah satu sikap yang menonjol dari karakter Luffy yaitu kurangnya perasaan defensif terhadap dirinya sendiri sehingga Luffy sangat jarang untuk berhati-hati di beberapa situasi yang berbahaya, ia bahkan dapat tertawa terbahak-bahak saat menghadapi situasi yang sangat penting, misalnya ketika topi jerami mendekati [nyokap seribu] untuk pergi ke pulau langit atau saat mereka memutuskan untuk memasuki Thriller Bark dan turun ke pulau manusia ikan.

Semua itu Luffy lakukan dengan tidak pernah memperlihatkan ketakutannya sama sekali sebagai seseorang yang menyandang nama D Luffy memiliki sifat yang sama yaitu tidak takut mati, dia sering menyatakan bahwa tidak apa-apa jika dia mencapai tujuannya atau mati di jalan. Luffy juga tersenyum ketika dirinya hampir dieksekusi oleh Buggy di Loguetown hal yang mengingatkan kita saat Roger di eksekusi. Selain itu keberanian Luffy semakin terlihat jelas saat ia menyelamatkan Robin yang dibawa ke Enies Lobby. Dengan kemampuan membaca poneglyph miliknya, Robin dianggap sebagai manusia iblis oleh pemerintah dunia sehingga keberadaannya harus dilenyapkan dari muka bumi, Enies Lobby sendiri merupakan tempat yang menyeramkan bagi para bajak laut namun tanpa mempertimbangkan banyak hal dan berpikir terlalu lama Luffy beserta krunya datang ke tempat itu untuk menyelamatkan Robin,tidak tanggung-tanggung mereka bahkan membakar bendera pemerintah dunia.

Yak hanya itu bahkan jika dia berada di tempat yang aneh dan menakutkan dirinya malah tersenyum senang atau bahkan tertawa di tempat seperti itu, ketika berhadapan dengan orang yang paling berbahaya dan menakutkan seperti siji bukai, yonko dan Angkatan Laut bahkan Luffy tidak segan-segan untuk meninju seorang Tenryubito dengan sangat keras tindakan itu dilakukan Luffy karena ia begitu kesal ketika temannya diperlakukan semena-mena oleh Tenryubito itu

Penutup Bagian Pengenalan

Sepanjang serial One Piece kita bisa tahu betapa Luffy sangat setia kawan dan loyal kepada teman-temannya, Ia juga rela mengorbankan nyawanya sendiri demi menolong mereka semua, inilah yang menjadi hal menarik dari kepribadian Luffy. Dia sangat mencintai kebebasan tetapi tidak sewenang-wenang dan sangat peduli pada teman-temannya dia tidak keberatan jika harus mati saat mewujudkan impiannya, tapi dia juga tidak keberatan jika harus mati demi menolong teman-temannya. Dengan demikian secara ceroboh dan spontan dirinya rela menempatkan keselamatannya sendiri dalam bahaya untuk melindungi orang-orang yang ia sayangi bahkan jika itu berarti mempertaruhkan kematian atau menyebabkan cedera permanen pada dirinya sendiri.

Hal ini bisa dilihat saat di pertempuran marineford untuk menyelamatkan Ace di sana Luffy meminta ivanco untuk menyuntikkan hormon agar tubuhnya memiliki daya tahan yang lebih demi menolong Ace. Contoh lain saat ia menggunakan Gear 3 berkali-kali untuk mengalahkan [Nowagi] di Pulau manusia ikan padahal dia sudah kehilangan banyak Darah setelah bertarung dengan Hody Jones jika ditelisi lebih dalam pengertian "loyalitas adalah kesetiaan seseorang terhadap pihak lain yang ditunjukkan dengan memberikan dukungan dan kepatuhan yang Teguh serta konstan kepada seseorang atau sesuatu".

Dari Pengertian tersebut Apa makna dari loyalitas Luffy jika dihadapkan dengan sikapnya yang cinta pada kebebasan Apakah hal itu berkontradiksi pada Luffy bebas untuk tidak berjuang sebegitu beratnya demi orang lain Luffy memiliki kebebasan untuk mengacuhkan orang yang meminta tolong kepadanya bebas untuk mengacuhkan orang yang sedang kesulitan. Hal-hal itu berkaitan dengan sikapnya yang bertindak sesuka hati tampaknya Luffy bukanlah tipe orang yang memiliki pemikiran rumit terutama dalam masalah prinsip hidup ia bisa melakukan apapun yang ia mau terlepas dari apakah tindakannya akan terlihat bertentangan atau tidak ia bertindak sesuka hati dan sesuai dengan apa yang membuatnya senang.

Jika kebebasan adalah sesuatu yang ia senangi maka ia mencintai kebebasan itu juga berlaku untuk loyalitas jika tindakan setia kawan adalah sesuatu yang ia senangi maka ia akan melakukan tindakan itu, tindakan sesuka hati Luffy sejauh ini selalu bermanfaat bagi banyak orang, ia justru tidak berubah menjadi pribadi yang egois rakus dan tidak memperdulikan orang lain semua itu tidak lepas dari sifat kebaikan dan ketulusan luar biasa dari hati Luffy sehingga tindakannya pun tidak merugikan orang lain.

Pada akhirnya pribadinya yang unik ceroboh setia kawan berani dan pecinta kebebasan kadang kala tidak sesederhana yang dibayangkan ia bisa begitu cinta akan kebebasan namun tetap peduli dan terikat dengan orang lain. Kebebasan dan kebaikan hatinya menjadi perpaduan luar biasa untuk membawa tawa dan bahagia bagi banyak orang bukan untuk memegang atau bahkan merenggut kebebasan orang lain itulah sosok Monkey D Luffy.

Luffy adalah Seorang Muslim Sejati

Urie sebtulnya sedikit bingung harus mulai dari mana untuk menjelaskan statmen ini, karena jujur sejak pertama kali Urie membaca manga One Piece dulu Urie langsung jatuh cinta terhadap pengkarakteran Luffy, dan melihat bahwa dirinya merupakan seorang muslim yang seharusnya. bagaimana bissa begitu?, mari kita mulai diskusikan

Hasrat dan Cita-cita 

Kita tahu bahw hasrat dan cita-cita Luffy bahkan sejak kecil adalah menjadi raja bajak laut, seperti halnya raja bajak laut sebelumnya yaitu Gol D. Roger. Menurut luffy menjadi raja bajak laut merupakan interpretasi menjadi orang yang paling bebas di dunia. Cita citanya tertanam sejak luffy masih kecil dan bahkan ia berkawan baik dengan bajak laut Shank aka Akagami no Shank.

Luffy kemudian memulai perjalanannya sebagai bajak laut dengan membentuk kru bajak lautnya yang kemudian dikenal sebagai Bajak Laut topi Jerami

Hasrat dan cita-cita luffy yang membara serta pantang menyerah dalam menggapai mimpinya merupakan salah satu inspirasi Urie untuk terus melangkah maju tanpa peduli dengan hambatan dan rintangan.

Ada contoh yang pas tantang menggapai hasrat dan cita-cita dari seorang muslim yang bernama Thariq bin Ziyad atau di kenal sebagai Taric el Tuerto, seorang legenda muslim yang membebaskan spanyol dari penderitaan yang mereka alami

Fokus Pada Diri Sendiri

Luffy tidak peduli dengan apa yang orang lain katakan tentang dirinya bahkan ketika dirinya dihina oleh banyak karakter lain arlong misalnya, luffy tidak bergeming dan tetap tersenyum. namun ada kalanya luffy sangat marah jika hal berharga bagi luffy di hina.

Misalnya ketika arlong menghina Topi Jerami milik shanks membuat luffy marah besar.

Ini sangat mirip dengan karakter yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad sholallahu a'laihi wa sallam, ketika pribadinya dihina beliau hanya diam dan tersenyum namun ketika hal berharga seperti Iman dan Islam dihina oleh musuh-musuhnya beliau sangat marah.

Simpel dan sederhana dalam menjalani kehidupan

Ini adalah karakteristik favorit Urie pada diri Luffy jika berkaca dalam perjalanan hidup, sepanjang perjalanan luffy ia tidak pernah berhasrat akan ketenaran, kemewahan harta, jabatan dan semua kekuatan yang pada dasarnya budak hawa nafsu.

Sebaliknya luffy adalah orang humble ramah, murah senyum dan suka menolong orang lain.

Integritas dan kejujuran luffy

Dalam KBBI in.teg.ri.tas berarti mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran.

dengan definisi tersebut bisa kita lihat bahwa Luffy adalah orang yang memiliki integritas dan kejujuran yang tinggi. Dalam setiap tindakannya baik ketika santai maupun dalam menghadapi masalah-masalah yang menghadapinya, luffy selalu mengedepankan integritas dan kejujuran.

Ia bahkan terkadang membeberkan kelemahannya pada musuhnya saat melawaan dewa enel luffy keceplosan mengenai kelemahan dirinya yang manusia karet dapat di tebas membuat nami memarahinya waktu itu.

Ini mungkin terlihat konyol saat menghadpi musuh-musuhnya tapi hasil dari setiap pertarungan luffy dengan musuh-musuhnya itu adalah mereka merasa puas dan tidak merasa direndahkan oleh luffy

ini adalah hasil dari integritas dan kejujuran yang luffy miliki

Jika Kita melihat kebelakang setiap pertraungan yang dialami oleh ummat muslim integritas dan kejujuran selalu menempel pada para panglima muslim sebut saja misalnya pada pembebasan palestina oleh Sultan salahuddin al ayub bukankah kisahnya sangat heroik? diatas itu integritas dan persahabannya dengan musuhnya Raja Baldwin bisa menjadi contoh bagaimana integritas memeiliki peran penting dalam diri manusia.

Pertemanan dan kekeluargaan

Dalam hal pertemanan dan kekeluargaan khususnya kru bajak laut topi jerami sudah tidak perlu di ragukan lagi sikap saling tolong menolong mereka sudah layakanya keluarga.

Salah satu scene yang urie suka adalah ketika kru bajak laut topi jerami menolong Nico Robin di Enes Loby dan berakhir dengan menjadi musuh pemerintahan dunia, ini menunjukan bahwa menolong teman mereka adaalah kewajiban dan bahkan jika mereka menjadi musuh pemerintahan dunia mereka tidak akan mundur.

Muslim yang satu dengan muslim yang lainnya bagaikan anggota tubuh jika salh satunya sakit maka yang lain akan ikut merasakannya.

Pembawa kebebasan (kemerdekaan) dan kegembiraan

Jika karakter simpel dan sederhana yang melekat pada luffy adalah part favorit urie, maka Pembawa kebebasan pada karakter Luffy merupakan nilai yang sangat urie kagumi.

Kamu pasti notice setiap arc pada serial One Piece diakhir luffy selalu membawa kebebasan baik pada seseorang, ras, sekelompok, masyarakat, dan bahkan sebuah negara. 

Dan tahukah kamu bahwa itu merupakan tugas dan Nilai yang harus dimiliki oleh seorang muslim, contoh tokoh yang membawa kebebasan pada manusia yang utama tentunya adalah Nabi Muhammad Sholallahualaihi wa sallam, sebagai pembebas manusia dari segala ke kebodohan, keterbelakangan, dan kesesatan. Tidak bisa dipungkiri bahwa Nabi Muhammad Sholallahualaihi wa sallam merupakan orang yang membebaskan manusia dari kegelapan. 

Contoh lainnya ada Sultan Mehmed atau dikenal dengan Muhammad Al-Fatih sang pembebas Konstantinopel dari kaisar Dracula, kamu harus tahu dibawah kepemimpinan kaisar Dracula rakyat konstantinopel sangat menderita, tiada kebebasan sejati saat itu, bahkan dalam hal dasar seperti beragama sangat ditentang disana, oleh karenanya pemimpin gereja katolik saat itu ketika Konstantinopel dibebaskan oleh Sultan Muhammad Al-Fatih sangat bersyukur dan berterima kasih kepada beliau, dan mereka senang dengan kebebasan beragama yang di berikan oleh Sultan Muhammad Al-Fatih.

Contoh lain ada sultan Al Ayubi pembebas Jerusalem (Palestina) yang sudah kita singgung diatas. Ada juga Thariq Bin ziyad Yang membebaskan spanyol, Dan tentu saja kemerdekaan Indonesia tidak luput dari peran dan pengorbanan para santri dan ulama muslim Indonesia. 

Beberapa tokoh dan sejarah diatas merupakan bukti bahwa Muslim sejati memang memiliki tugas sebagai khalifah (pemimpin) untuk membebaskan umat manusia dari segala kekangan, kebodohan, kesesatan, keterbelakangan dan dari kegelapan yang menyelimuti manusia itu sendiri, ini selaras dengan aksi yang selalu di lakukan oleh Luffy, kemanapun luffy pergi, dia membebaskan mereka yang terdzolimi. 

Sekarang dari mana kita tahu bahwa kebebasan atau membebaskan atau memerdekakan setiap orang adalah tugas dan kewajiban seorang muslim?

Disclaimer dulu bahwa urie bukan orang yang berpengetahuan tinggi dalam ilmu agama, sehingga jika ada ayat yang salah mohon untuk di koreksi.

Jawabannya tentu kembali kedalam kitab Al-Quran, kitab pedoman hidup umat muslim tepatnya pada ibu daripada semua surah, surah yang miliki lebih dari 20 nama, surah yang memiliki jutaan hikmah, tiada lain yaitu surah al fatihah

Banyak nama yang melekat pada surah Al-Fatihah, seperti :

  • Al-fatihah = Pembuka
  • Ummul Kitab = Induk atau inti Al-Quran
  • Asy-syiffa = penyembuh
  • Al Kafiyah = sesuatu yang mencukupi
  • Asasul Quran = asas atau pondasi dari Al Quran
  • Ar Ruqyah
  • Al Waki'ah 
  • Asy Shollah 
  • As Sab’ul Matsani = tujuh (ayat) yang diulang-ulang dan seterusnya.

Dan yang mau urie highlight adalah nama Al-Fatihah yang berarti "pembuka/pembebas", apa yang dibuka? yaitu nilai-nilai kebaikan yang ada pada diri setiap muslim, misalnya jika dikantor jadi karyawan yang memiliki nilai kejujuran, ketika dikendaran umum jadilah orang yang memiliki nilai peduli terhadap orang lain dan contoh yang paling besar dalam pengamalan surah alfatihah (pembuka/pembebas) adalah pembebasan-pembebasan yang dilakkukan oleh para mujahidin kepada setiap orang/masyarakat yang tertindas/di dzolimi seperti yang telah Urie sebutkan diatas.

Post a Comment

1Comments

  1. Terimakasih telah membaca artikel dengan topik mugiwara no luffy adalah seorang muslim dalam karakteristiknya

    ReplyDelete
Post a Comment